Sima’an Akbar 30 Juz “Membawa Keharuan dan Kebahagiaan”

Imam Satori Al-Hafizh

6 Ramadhan 1443 H | Kampus 3 MA

Ramadhan 1443 kali ini, sungguh telah memberikan kesan tersendiri. Bagaimana tidak, karena sepanjang perjalanan pondok pesantren Mathla’ul Anwar yang sudah memasuki usia 26 tahun, belum pernah melaksanakan kegiatan semacam ini, yaitu sima’an akbar 30 Juz al qur’an yang dibaca oleh santri tahfizh semalam suntuk. 

Sima’an akbar perdana ini merupakan suatu agenda yang telah direncana sebelum masuk bulan Ramadhan. Untuk memberikan ruang kepada para santri program takhassus tahfizhul qur’an yang telah menyelesaikan program hafalannya untuk melakukan muroja’ah kembali dengan membaca yang disaksikan oleh para pembina atau pengasuh termasuk semua santri.

Sejak ditetapkannya program takhassus tahfizhul qur’an empat tahun yang lalu, Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar patut bangga karena telah melahirkan para penghafal qur’an yang kualitasnya tidak diragukan. Tentu hal ini menjadi memikiran kita bersama untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kuliatas tendidikan terutama menyiapkan generasi qur’ani yang tidak hanya mampu membaca, menghafal tetapi mereka mampu memahami isi kandungan al-Qur’an termasuk mampu mengaktulisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Malam ke enam ramadhan yang diagendakan awal dimulainya sima’an akbar, tentu terlebih dahulu kami melaksanakan shalat isya berjama’ah yang dilanjutkan shalat tarawih yang langsung diimami oleh salah satu pembina program tahfizh yaitu Ust. Ahmad al Hafizh dengan setengah juz bacaan al-Qur’an.

Kemudian kami melanjutkan agenda sima’an akbar yang dilaksanakan diteras atau bagian depan unit usaha pesantren tepatnya di Kampus 3 Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Jl. Raya Kakap Pal 13 Dusun Garuda. Jadwal pertama sima’an ini dibaca oleh salah santri bersama Imam Satori yang berasal dari Kabupaten Bengkayang.

Rasa haru dan bahagia yang luar bisa, menyimak dan menyaksikan ananda Imam Satori dengan gaya santainya mampu membaca al-Qur’an dengan lancar, cepat dan fasih hingga 15 juz yang dimulai pukul 21.30 hingga pukul 03.00 dini hari. Dan dilanjutkan dengan makan sahur bersama. Kemudian sima’an dilanjutkan pada siang harinya setelah shalat jum’at hingga tuntas 30 Juz. Tentu hal ini sangat membanggakan baik bagi para pembina, pengasuh dan Pondok Pesantren terlebih lagi bagi kedua orang tuanya. Semoga ini menjadi motivasi tersendiri bagi para santri program takhassus untuk menyelesaikan program hafalannya.

Hadir juga pada malam tersebut Ust. Sami’an, S.Ag selaku Sekretaris Perguruan dan Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar yaitu Ust. Jamaluddin, S.Pd termasuk para pembina, pengasuh dan asatidz.

Agenda sima’an akbar ini, tidak hanya di laksanakan di Kampus 3 Santri Tahfizh Putra namun juga akan di Kampus 1-Rumah Tahfizh Qur’an Putri yang akan berlangsung beberapa hari baik siang maupun malam di bulan ramadhan. Adapun yang bertugas membaca adalah para santri yang telah menyelesaikan program hafalannya 30 Juz, diantara mereka adalah ananda Imam Satori, Fahmi Ahmad Nugraha, Ghazi Hartanto dan Muhammad Hanif Ridwan, sementara santri tahfizh putri yaitu Ananda Irmatiana, Andi Safira Atira, Fika, Fiki, Davi Fatusshalehah, Yuliarti dan Miftahul Awaliyah.

Mereka semua adalah para santri program takhassus tahfizhul qur’an dari jenjang Pendidikan dan kelas yang berbeda dan telah berhasil menyelesaikan setoran hafalanya 30 Juz.

Ramadhan 1443 kali ini pondok pesantren Mathla’ul Anwar telah menoreh sejarah sepanjang perjalanannya. Berhasil melahirkan para penghafal al-Qur’an yang kehadirannya sangat didambakan oleh umat untuk meneruskan, menyiarkan dan memperjuangkan agama Allah di muka bumi ini.

Program ini terlaksana karena banyaknya dukungan dari semua pihak, untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada Drs. H. Momon Salmon, M.Pd selaku Ketua Perguruan yang senantiasa memberikan arahan dan bimbingannya terlebih lagi kepada Pimpinan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kyai Rahmatullah yang senantiasa dan selalu memberikan movitasi, nasehat dan bimbingannya, termasuk kepada madrasah Aliyah Ustazah Nurbaiti, SP dan Kepala Madrasah Tsanawiyah Ust. Nurhasan, S.Sos yang juga ikut serta memberikan dukungan yang maksimal sehingga program ini dapat bersinergi dengan kurikulum madrasah.

Kami juga sangat berterima kasih kepada para pembina dan pengasuh program takhassus tahfizhul qur’an ini, seperti Ust. Ahmad al Hafizh, Ust. Muhammad Farhan al Hafizh dan Ust. Mulyadi al Hafizh serta kepada Ustazah Mayada dan Ustadzah Siti Nur Asiah yang dengan kesabaran dan keikhlasannya telah bercibaku memberikan pembinaan dan pengajaran kepada para santri, semoga jerih payah antum semua dibalas oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda.

Kemudian kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pula kepada semua pihak yang terlibat dan tergabung dalam mensukseskan program sima’an akbar ini. Semoga dukungan dan ikhtiyar dalam mensukseskan program ini menjadi wasilah untuk memperolah keberhakan al Qur’an, bahagia hidupnya dunia akhirat.

أَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ, وَاجْعَلْهُ لِي إِمَاما,ً وَنُوْراً, وَهُدًى وَرَحْمَةً, أَللّٰهُمَّ ذَ كرْنِي مِنْهُ مَ ا نَسِيْتُ, وَعَلِ مْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ, وَارْزُقْنِي تِلََوَتَهُ
آناءََ اللَّيْلِ, وَأَطْرَفَ النَّهَارِ , وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

………

Ahmadi Ch
Koordinator Program Takhassus Tahfizhul Qur’an
Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Pontianak

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Recent Posts

Newsletter

Subscribe for our monthly newsletter to stay updated

Gallery

Share on facebook
Facebook
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp
Berita MA

Gelar Wisuda Akhirusanah XX – 2022

Wisuda Kelas XII Angkatan XX Tahun 2022 Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontainak Dalam masa pandemi covid-19 yang belum berakhir, Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota

Read More »