Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak kembali Melahirkan Penghafal Al-Qur’an

Irmatiana | Kelas XII

Santri Tahfizhul Qur'an Pondok Pesantren Mathla'ul Anwar Pontianak | Asal Kabupaten Mempawah

Sejak dibukanya program takhassus tahfizhul qur’an di Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar yang dimulai pada tahun pelajaran 2018-2019. Semanjak itu pula para santri yang memiliki keinginan untuk menjadi sorang penghafal qur’an beramai-ramai mengikuti tes seleksi masuk. Tetapi pada kenyataannya tidak semua dapat lulus dalam program tersebut.
Untuk menjadi santri takhassus tahfizhul qur’an paling tidak santri tersebut sudah memiliki kemampuan membaca al qur’an yang baik dan memahami hukum-hukum bacaan tajwid, kemampuan menghafal kuat serta kesungguhan dalam kesehariannya.
Maka, tidak heran dari sekian banyak santri yang telah lulus dan mengikuti program ini banyak yang berguguran atau dikembalikan ke kelas normal sebagaimana biasa. Hal ini terjadi karena mereka tidak dapat menunjukkan kesungguhannya dalam mencapai target hafalan yang telah ditentukan.
Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar melalui program takhassus ini. Dengan berbagai upaya mensinergikan agar program ini dapat berjalan dengan baik dan melahirkan generasi penghafal al qur’an yang diinginkan. Maka mereka tidak hanya fokuskan menghafal al-Qur’an saja, tetapi mereka juga mendapat bimbingan pembelajaaran lain terlebih jika sudah mendekati ulangan dan ujian.
Alhmadulillah, tepatnya pada tanggal 4 Januari 2021. Salah satu santri Program Takhassus Tahfizhul Qur’an telah berhasil menyeselaikan hafalannya 30 Juz al-Qur’an. Untuk mencapai target ini, tentu membutuhkan pengorbanan, waktu, pikiran, tenaga dan perjuangan yang sangat melelahkan.
Anak tersebut bersama Irmatiana asal Kabupaten Mempawah. Memang sejak awal anak ini terlihat akan kesungguhannnya dalam menghafal terlebih lagi sikap dan kepribadian atau akhlahknya sangat baik. Sehingga akan menjadi uswah bagi yang lainnya.
Irmatiana, dengan dua saudaranya yang juga berada pada program tahfizh ini. Akan menjadikan daya tarik tersendiri bagi yang lain. Karena capaian hafalan kedua saudaranya juga sangat baik.
Dalam kurun waktu 2,4 tahun Irmatiana sudah dapat menyelesaikan hafalannya 30 Juz al Qu’an. Semoga ini menjadi uswah bagi lain untuk terus terpacu semangatnya untuk menghafal ayat-ayat Allah SWT.
Semoga ini menjadi keberhakan bagi dirinya, keluarga, guru dan kita semua umat islam. Agar al-Qur’an terus mampu untuk kita jaga. Dengan menghafal, mempelajari, memahami serta mengamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari.
Untuk itu, kepala segenap dewan asatidz kami mohon doa dan dukungannya, semoga Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak dapat melahirkan gererasi-generasi penghafal Al-Qur’an istiqomah, tidak hanya mampu membaca, tetapi lebih dari itu mereka mampu memahami, mengamalkan dan mengajarkan kepada yang lain, sebagaimana Sabda Rasulullah SAW.

 خيركم من تعلم القرآن وعلمه

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhori).
Semoga program takhassus tahfizhul qur’an yang sudah dijalankan ini, terus dapat terlaksana dengan baik, sehingga insyaaAllah Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak dalam setiap tahunnya akan melahirkan para penghafal Al-Qur’an yang sangat kita nantikan.
Ahmadi

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Recent Posts

Newsletter

Subscribe for our monthly newsletter to stay updated

Gallery

Suspendisse dictum tristique dolor

Donec vitae libero nec elit vulputate cursus a eu metus. Quisque non ex at nibh dictum tincidunt. Vivamus lacinia in velit a tincidunt.