Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Laksanakan Tafakur Alam

Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak pada akhir semester ganjil tahun pelajaran 2020-2021 kali memberikan kesempatan kepada para pengasuh untuk melaksanakan kegiatan tafakkur alam sebagai bagian dari bentuk penghargaan untuk mengisi hari libur yang tentunya sangat manfaat. Pada mulanya kegiatan ini hanya diprogram untuk para pengasuh namun karena santri tahfizh tidak diliburkan maka diputuskan untuk diikutsertakan dalam kegiatan tersebut, dan hal ini juga menambah kebahagian tersendiri baik bagi pengasuh maupun para santri tahfizh itu sendiri.
Kebahagiaan ini tentu akan sangat dirasakan oleh para pengasuh karena dapat bersama-sama membaur dengan santri dalam suatu kegiatan sekaligus dapat memberikan muatan-muatan pembinaan secara khusus, terlebih lagi semakin kuatnya ukhuwah antara para pengasuh sehingga akan memberikan kekuatan tersendiri dalam melaksanakan amanah sebagai pengasuh atau pendidik untuk menyiapkan generasi yang beriman dan bertaqwa, yang merupakan cikal bakal penerus perjuangan Mathla’ul Anwar.
Tafakur alam kali ini mengusung tema “Bersama Alam Cintai Allah” tentu hal ini seiring dengan apa yang telah diperintahkan dalam agama dan ditunjukkan bagi mereka yang memiliki pengetahuan untuk merenungkan berbagai fenomena alam.
Sebagaimana Allah SWT Berfirman :

إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ لَءَايَٰتٍ لِّأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ
ٱلَّذِينَ يَذْكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَٰطِلًا سُبْحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang -orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka lindungilah kami dari siksa neraka.( Q.S 3 Ali-Imran : 190-191 )”

Ayat ini menjelaskan tentang pentingnya memikirkan fenomena alam semesta untuk menambahkan keimanan kepada Allah dalam rangka mengasah kecerdasan intelektual dan spiritual. Hal ini diharapkan bisa diterapkan untuk semua peserta tafakur alam tak terkecuali santri-santri tahfizh sehingga menjadi orang yang mampu menyayangi, merawat, dan menjaga alam dengan baik. Serta orang yang mampu mensyukuri karunia Allah.
Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 80 orang lebih peserta yang terdiri dari pengasuh bersama keluarga dan santri takhassus tahfizhul qur’an yang didampingi secara khusus oleh Kyai / Mudirul Ma’had serta oleh guru-guru tercinta yaitu Syekh Anas Azzu’by dan Habib Nuh bin Ja’far Al Haddad. Tafakur Alam tersebut juga merupakan agenda perdana yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak.
Tafakur Alam yang dilaksanakan pada tanggal 5-6 Desember 2020, tentu memberikan kesan dan kenangan tersendiri bagaimana tidak kegiatan ini yang semula akan di fokuskan di Pulau temajo, dengan segala persiapan yang telah dilakukan namun takdir berbicara lain. Dalam waktu yang tidak begitu lama mendapat informasi dari petugas bahwa kondisi cuara sangat tidak memungkinkan untuk melakukan penyebrangan karena ombak yang begitu besar. Dalam perjalanan dengan rasa tidak tenang kami terus mengajak kepada pengasuh dan para santri untuk terus berdoa sepanjang jalan agar Allah SWT memberikan solusi yang terbaik untuk kegiatan ini.
Dalam perjalanannya setelah koordinasi, kami sepakat agar berhenti di daerah Sunyai Pinyuh tepatnya di Masjid Nikmatullah, kami berembuk untuk menentukan lokasi alternatif jika cuara masih belum kondusif, dan selanjutnya kami melanjutkan perjalanan, setibanya di daerah penyebrangan ternyata belum memungkinkan untuk melakukan penyembarangan ke Pulau Temajo. Dan pada akhirnya kami memutuskan untuk menunju alternatif yang kedua yaitu Tanjung Bajau.
Sepanjang perjanan menuju Tanjung Bajau kami memperhatikan para peserta sepertinya marasa ada kekecewaan karena tidak dapat menyeberang ke Pulau Temajo, tentu hal ini menjadi muatan tersendiri untuk memberikan pemahaman akan kehendak atau ketetapan Allah SWT terhadap rencana manusia. Ini adalah bagian dari awal hikmah sebuah perjalanan bahwa kita hanya bisa berencana namun selanjutnya Allah jualah yang menentukan. Yakinlah bahwa ini adalah ketetapan yang terbaik dari Allah SWT untuk para peserta tafakur alam kali ini.
Sesampainya disana kami rehat sejenak ditepian pantai sambil menikmati hempasan ombak yang begitu kuat, sekaligus santap siang bersama dan setelahnya kami surpay lokasi yang akan dijadikan sentralkan kegiatan tafakur alam.
Setelah melalukan surpay, kami kembali bergabung dengan peserta untuk memberikan informasi dan pengarahan terkait lokasi kegiatan, termasuk akomodasi peserta.
Hotel Bajau adalah central dimana kegiatan tafakur alam dilaksanakan, hotel ini berada di atas bukit yang tentu kondisinya sangat mendukung untuk kegiatan tersebut karena pemandangan alam sekitarnya yang sangat indah.
Setelah pengarahan selesai, selanjutnya kami menuju ketempat kegiatan dicentralkan yaitu Hotel Bajau dan langsung memberikan kesempatan kepada semua peserta untuk istirahat karena lelahnya perjalanan. Di sore harinya setelah menikmati istiharat yang cukup kami mengumpulkan kembali semua peserta untuk mendapatkan pengarahan terkait dengan agenda yang akan dilaksanakan, setelahnya berbagi tugas dan berpencar untuk melaksanakan beberapa agenda kecil sebagai rangkaian dari sebuah kegiatan.
Dengan segala persiapan, akhirnya pada pukul 19.00 WIB acara inti dari tafakur alam dapat berlangsung sesuai rencana, acara diawali dengan pembacaan Surat Al Fatehah sebagai pembuka acara, dan selanjutnya pembacaan ayat- ayat suci Al Qur’an yang dibacakan oleh salah satu santri tahfizh yang merupakan kebanggaan Mathla’ul Anwara dan Kalimantan Barat yaitu Ananda Malika Khaira Khalqillah, dengan lanjutan suaranya yang sangat merdu dalam membacakan ayat-ayat Allah semoga menjadi keberkahan tersediri dalam kegiatan tafakur alam ini.
Dalam sambutan, arahan dan nasehat mudirul ma’had/ kyai, beliau memberikan apresisasi kepada panitia yang telah bercibaku yang mempersiapkan kegiatan tafakur alam, sehingga dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta mengembirakan. Dalam nasehatnya pula beliau menyampaikan agar kita banyak-banyak bersyukur terhadap nikmat yang telah Allah berikan, bagaimana tidak dimana rencana awal tempat semula yang akan kita gunakan untuk kegiatan akhirnya batal dan Allah ganti dengan tempat yang tidak kalah indah artinya Allah SWT masih sayang kepada kita semua, imbuhnya.
Kemudian dilanjutkan dengan muhasabah yang pimpinan secara langsung oleh Habib Nuh Bin Ja’far Al Haddad dimana beliau mengajak untuk berpikir lebih dalam akan cintaan Allah SWT. Inilah yang menjadi tujuan utama dari kegiatan tafakur alam ini agar kita menjadi hambanya yang cerdas, mampu mengambil hikmah dari setiap yang diciptakan. Tak lupa pula beliau selalu memberikan motivasi untuk para santri agar tetap semangat dalam menuntut ilmu, sehingga nantinya menjadi negerasi yang membanggakan.
Demikian pula Syekh Anas Said Azzu’by sebagai narasumber kedua juga mengajak untuk banyak-banyak bersyukur terhadap nikmat yang telah Allah berikan, beliau secara khusus mengingatkan kepada para santri tahfizh agar dalam menghafal al-Qur’an tidak hanya mengedepankan kecepatan atau target hafalan saja, namun harus tetap memperhatikan hukum-hukum ilmu tajwidnya. Dan beliau juga mengajak untuk muhasabah diri agar lebih memahami akan arti dan tujuan hidup yang sesungunhya.
Semoga tafakur alam ini dapat memberikan hal yang manfaat, baik kepada para pengasuh yang ikut serta terlebih lagi terhadap para santri tahfizh yang merupakan cikal bakal penerus perjuangan syiar islam.

Ahmadi, S.Pd.I
Alumni Perdana Pontren Mathla’ul Anwar

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Recent Posts

Newsletter

Subscribe for our monthly newsletter to stay updated

Gallery

Suspendisse dictum tristique dolor

Donec vitae libero nec elit vulputate cursus a eu metus. Quisque non ex at nibh dictum tincidunt. Vivamus lacinia in velit a tincidunt.